Penjelajah nusantara kampanyekan "Jumat bersepeda"

Wednesday, 22 May 2013, 10:25 | Pariwisata | 0 Comment | 50 Views
by sumsel

Penjelajah nusantara kampanyekan

Ilustrasi.(Foto Antarasumsel.com/Awi)

Berita Terkait

Banda Aceh (ANTARA Sumsel) – Bambang Pramajianto, warga DKI Jakarta yang menjelajah nusantara dengan menggunakan sepeda, selama dalam perjalanan ke-28 provinsi selalu mengkampanyekan “Jumat bersepeda”, agar masyarakat Indonesia sehat.

“Bersepeda itu sehat dan udara tidak tercemar oleh polusi kendaraan bermotor. Setiap kepala daerah baik gubernur, bupati maupun wali kota yang saya temui selalu saya anjurkan agar setiap hari Jumat seluruh pegawai maupun warga menggunakan sepeda,” katanya di Banda Aceh, Selasa.

Ia juga mengatakan, bersepada itu sehat dan dapat mencegah berbagai penyakit.

“Saya senang di kota ini dan sempat mengikuti fun bike dalam rangka memeriahkan HUT ke-808 Kota Banda Aceh beberapa hari lalu,” katanya.

Menurutnya, menjelajah nusantara dengan sepeda dilakukan pria kelahiran 18 September 1957 sebagai bentuk keprihatinan terhadap lingkungan termasuk pemanasan global.

Bambang yang juga anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dengan call sign JZ09IDC itu memulai perjalanan menjelajah Indonesia sejak 10 Oktober 2008.

“Aceh merupakan provinsi ke-28 yang dijelahinya dengan menggunakan sepeda. Saya merencanakan akan mengakhiri perjalanan di provinsi ke-33 tepatnya di Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat,” katanya.

Ditemui di Sekretariat RAPI Kota Banda Aceh, ia menyebutkan selama dalam perjalanan mengelilingi nusantara dengan sepeda, pengusaha pembuatan tas itu mengaku tidak mempunyai rintangan yang berarti, meski di Papua ia dipaksa oleh OPM untuk mengganti bendera merah putih dengan bintang kejora.

“Itu pengalaman yang menarik dan selalu terngiang,” katanya menambahkan.

Editor: Awi
COPYRIGHT © 2013

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Leave a reply